My Menu :

Klik 'Others' untuk mendownload konten-konten keren

Kamis, 30 April 2009

Animasi Pake Macromedia Flash...

Animasi alias gambar berjalan, memang banyak sangad dipakai pada saat ini. Bahkan harga jualnya pun gila-gilaan. Nah, buat teman-teman yang juga mau pake animasi, dengan maksud dan tujuan yang ingin teman sampaikan, bisa coba buat animasi dengan Macromedia Flash MX.

Ni contoh animasi Flash MX yang ambo buat, ni gambarnya jelek, tapi di sini kan kita berbagi ilmu, jadi ya pahami aja konsepnya. Okey...


Nah tu gambar, ambo bikin pake Macromedia Flash MX. Sebenarnya, simple sangad cara bikinnya. Syarat nya, teman harus punya software Flash MX yang udah terinstal ke Kompiu teman. Nah, sekarang double click icon Flash MX nya, dan tampillah dia. (Maaf, ambo lupa ambil thumbnailnya, bayangin aja, okey).

Nah, ada kotak putih di bagian tengah, disinilah tempat kita bikin gambar. Kemudian, di sisi kiri ada toolbox yang mirip dengan PhotoShop punya. Di bagian atas, ada Layer dan Frame Box. Mungkin ambo perlu jelaskan sedikit tentang Layer dan Frame. Layer itu, hmmm, gimana ya jelasinnya. Gini aja deh, Logikakan Layer itu sebagai kertas transparan yang bisa digambar, nah artinya, kalo tu layer di dempetin sama layer lain, maka layer di belakangnya akan bisa tetap terlihat. Pokoknya logikakan aja ama kertas transparan, ambo bingung jelasinnya. Nah, kalo frame itu sendiri berisi gambar-gambar yang nantinya akan kita gerakkan untuk jadi animasi. Hoho, ambo memang tak berbakat jadi guru, tak bisa menjelaskan.

Nah, pada dasarnya animasi itu sendiri adalah kumpulan gambar-gambar diam, dengan posisi dan sketsa yang berbeda, sehingga kalo di liat bergantian keliatannya bergerak.

Okey, sekarang silahkan berimajinasi, dan tuangkan fantasi teman ke kanvas putih Flash MX, ingat, gambar per frame harus berbeda posisi atau sketsanya, agar pada saat di jalankan, gambar terlihat bergerak. Nah, untuk preview hasilnya, tinggal tekan ctrl+enter.

Selamat mencoba....

0 komentar: